Optimalisasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam Peningkatan Kompetensi Santri di Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula

Authors

  • Ida Yunengsih Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia
  • Ela Komala Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia
  • Anie Rohaeni Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v5i5.898

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis optimalisasi manajemen kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kompetensi santri di Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula, dengan studi kasus di MDTA Nurul Huda dan MDTA Darul Muttaqin Al-Insani Kabupaten Bandung. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum sudah disusun sesuai kebutuhan lokal, namun pelaksanaan masih menghadapi kendala dalam aspek kompetensi guru dan keterbatasan sarana. Strategi optimalisasi dilakukan melalui pembinaan guru, penyusunan bahan ajar kontekstual, serta evaluasi berkelanjutan. Faktor pendukung meliputi semangat guru dan dukungan masyarakat, sedangkan faktor penghambat adalah keterbatasan SDM dan fasilitas. Kesimpulannya, optimalisasi manajemen kurikulum berperan penting dalam membentuk kompetensi santri baik pada aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik.

Downloads

Published

2024-11-25

How to Cite

Yunengsih, I., Komala, E., & Rohaeni, A. (2024). Optimalisasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam Peningkatan Kompetensi Santri di Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(5). https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v5i5.898

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>