Optimalisasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam Peningkatan Kompetensi Santri di Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula
DOI:
https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v5i5.898Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis optimalisasi manajemen kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kompetensi santri di Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula, dengan studi kasus di MDTA Nurul Huda dan MDTA Darul Muttaqin Al-Insani Kabupaten Bandung. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum sudah disusun sesuai kebutuhan lokal, namun pelaksanaan masih menghadapi kendala dalam aspek kompetensi guru dan keterbatasan sarana. Strategi optimalisasi dilakukan melalui pembinaan guru, penyusunan bahan ajar kontekstual, serta evaluasi berkelanjutan. Faktor pendukung meliputi semangat guru dan dukungan masyarakat, sedangkan faktor penghambat adalah keterbatasan SDM dan fasilitas. Kesimpulannya, optimalisasi manajemen kurikulum berperan penting dalam membentuk kompetensi santri baik pada aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Ida Yunengsih, Ela Komala, Anie Rohaeni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






