Analisis Kebijakan Penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi KKNI di STAI Persis Bandung

Authors

  • Ela Komala Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Persis Bandung, Indonesia
  • Supiana Supiana UIN Sunan Gunung Djati, Bandung, Indonesia, Indonesia
  • Qiqi Yuliati Zaqiah UIN Sunan Gunung Djati, Bandung, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i5.286

Abstract

Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) adalah salah satu rujukan nasional untuk meningkatkan mutu dan daya saing bangsa Indonesia di sektor sumberdaya manusia melalui pencapaian kualifikasi sumberdaya manusia Indonesia yang dihasilkan oleh sistem pendidikan dan sistem pelatihan kerja nasional, serta sistem penilaian kesetaraan capaian pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan penerapan kurikulum berbasis kompetensi KKNI di STAI Persis Bandung, mengetahui bagaimana manajemen kurikulum Perguruan Tinggi dalam mengembangkan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang mengacu pada KKNI dalam meningkatkan mutu pendidikan secara umum, serta memperbaiki mutu pendidikan kearah yang lebih baik sebagaimana yang disebutkan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Metode
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu menafsirkan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan melibatkan yang ada dalam penelitian. Hasil penelitian ini
menggambarkan bahwa penerapan kurikulum di STAI Persis Bandung telah sesuai dengan acuan kurikulum KKNI yang berlaku dan setiap komponen manajemen kurikulum yang terdiri
dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum sudah berjalan dengan baik, pengembangan manajemen kurikulum juga sesuai dengan SOP dan regulasi kurikulum KKNI, namun dalam pelaksanaanya masih belum sepenuhnya berbasis KKNI.

Downloads

Published

2023-11-01

How to Cite

Komala, E., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. (2023). Analisis Kebijakan Penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi KKNI di STAI Persis Bandung. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(5), 550–561. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i5.286

Citation Check