Peran Murabbi Sebagai Pendidik di Pondok Pesantren Persatuan Islam 153 Al Firdaus

Authors

  • Eneng Qonaah Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia
  • Roni Nugraha Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia
  • Ela Komala Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v5i4.891

Abstract

Peran Murabbi dalam pesantren tidak sekadar mengajarkan ilmu, melainkan membina akhlak, spiritualitas, dan kepribadian santri secara menyeluruh. Pondok Pesantren Persatuan Islam 153 Al Firdaus menjadi contoh lembaga pendidikan yang menempatkan murabbi sebagai figur utama dalam pembentukan karakter dan prestasi santri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran murabbi sebagai pendidik dalam membentuk santri yang berprestasi dan berakhlak mulia. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri atas murabbi, santri, dan pengurus pesantren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa murabbi berperan signifikan dalam proses pendidikan, bukan hanya pada aspek akademik, tetapi juga dalam pembiasaan ibadah, kedisiplinan, serta pembentukan karakter melalui keteladanan sehari-hari. Program pembinaan seperti ZM3T (Ziyadah, Muroja’ah, Talaqqi, Tasmi’) dan SD2T2I (Sholat, Dirosah, Tanzif, Tanawul, Istighsal, Istirahah) terbukti efektif dalam mengintegrasikan aspek kognitif, spiritual, dan sosial santri. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa peran murabbi sebagai pendidik merupakan faktor sentral dalam keberhasilan pesantren mencetak generasi berprestasi dan berakhlak, sehingga dapat menjadi model bagi pengembangan pendidikan Islam di era modern.

Downloads

Published

2024-09-05

How to Cite

Qonaah, E., Nugraha, R., & Komala, E. (2024). Peran Murabbi Sebagai Pendidik di Pondok Pesantren Persatuan Islam 153 Al Firdaus. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(4). https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v5i4.891

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>