Efektifitas Kebijakan Program Beasiswa Bidikmisi terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa Prodi Piaud Universitas Muhammadiyah Bandung
DOI:
https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i5.285Abstract
Penelitian ini berangkat dari sebuah masalah bahwasannya Perilaku belajar merupakan hal yang sangat penting bagi siswa. Salah satu upaya untuk meningkatkan perilaku belajar mahasiswa adalah dengan memberikan Beasiswa Bidikmisi yang dapat membantu mahasiswa berprestasi akademik namun kekurangan dana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) efektivitas politik program beasiswa bidikmisi di kalangan mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi, (2) perilaku belajar mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi, (3) pengaruh efektivitas politik program beasiswa bidikmisi terhadap perilaku belajar mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi - penerima beasiswa Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas kebijakan program beasiswa Bidikmisi terhadap pembelajaran mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Universitas Muhammadiyah Bandung cukup baik dikarenakan rendahnya tanggung jawab beasiswa tersebut. mereka menerima. Agar para mahasiswa ini tidak lalai menjaga beasiswanya agar tetap menjadi salah satu pendukung untuk terus belajar melalui perkuliahan tersebut