Efektifitas Kebijakan Program Beasiswa Bidikmisi terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa Prodi Piaud Universitas Muhammadiyah Bandung

Authors

  • Dita Handayani Department of Islamic Education, Postgraduate of UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia, Indonesia
  • Qiqi Yuliati Zaqiah Department of Islamic Education, Postgraduate of UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i5.285

Abstract

Penelitian ini berangkat dari sebuah masalah bahwasannya Perilaku belajar merupakan hal yang sangat penting bagi siswa. Salah satu upaya untuk meningkatkan perilaku belajar mahasiswa adalah dengan memberikan Beasiswa Bidikmisi yang dapat membantu mahasiswa berprestasi akademik namun kekurangan dana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) efektivitas politik program beasiswa bidikmisi di kalangan mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi, (2) perilaku belajar mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi, (3) pengaruh efektivitas politik program beasiswa bidikmisi terhadap perilaku belajar mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi - penerima beasiswa Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas kebijakan program beasiswa Bidikmisi terhadap pembelajaran mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Universitas Muhammadiyah Bandung cukup baik dikarenakan rendahnya tanggung jawab beasiswa tersebut. mereka menerima. Agar para mahasiswa ini tidak lalai menjaga beasiswanya agar tetap menjadi salah satu pendukung untuk terus belajar melalui perkuliahan tersebut

Downloads

Published

2023-11-01

How to Cite

Handayani, D., & Zaqiah, Q. Y. (2023). Efektifitas Kebijakan Program Beasiswa Bidikmisi terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa Prodi Piaud Universitas Muhammadiyah Bandung. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(5), 541–549. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i5.285

Citation Check