Pengaruh Inovasi Produk, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Mie Instan Gaga 100 di Kelurahan Sumur Batu Jakarta Pusat

Authors

  • Rizki Ardiansyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia, Indonesia
  • Iqbal Setyo Nugroho Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia, Indonesia
  • Chanissa Purwaningrum Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i3.761

Keywords:

Inovasi Produk, Promosi, Keputusan Pembelian, Konsumen, GAGA 100

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inovasi produk dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen produk mie instan GAGA 100 di Kelurahan Sumur Batu, Jakarta Pusat. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei melalui kuesioner terhadap 100 responden yang dipilih secara acak. Pengolahan data dilakukan menggunakan SPSS versi 25 dengan uji validitas, reliabilitas, regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik inovasi produk maupun promosi secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Inovasi produk memiliki koefisien regresi sebesar 0,545 dan promosi sebesar 0,589, keduanya dengan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05). Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,892 menunjukkan bahwa 89,2% variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh inovasi produk dan promosi. Temuan ini mengindikasikan bahwa strategi pemasaran berbasis inovasi dan promosi yang efektif dapat meningkatkan daya saing serta keputusan pembelian konsumen.

References

Anggara, O., Anggriani, I., & Rahman, A. (2022). Pengaruh Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Historia Cafe Dan Royal Kitchen Manna Bengkulu Selatan. Jurnal Multimedia Dehasen, 1(1), 129–140.

Fandy Tjiptono, G. C., & Chandra, G. (2017). Pemasaran Strategik Edisi 3. Yogyakarta: Andi.

Gusnasari, K. (2021). KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK JAMBI ( STUDI KASUS UKM ZHORIF KOTA JAMBI ) SKRIPSI PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS BATANGHARI JAMBI TAHUN 2021.

Kotler, P., & Amstrong. (2008). Principles of Management. Pearson Education, Inc.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing, Seventeenth Edition. In Pearson.

Kotler, P., & Keller, Lane, K. (2018). Manajemen Pemasaran (Edisi 12). PT. Indeks.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th Editi). Pearson Education.

Lukas, B. A., & Ferrell, O. C. (2000). The effect of market orientation on product innovation. Journal of the Academy of Marketing Science, 28(2), 239–247. https://doi.org/10.1177/0092070300282005

Oktavia, A. L. (2021). Pengaruh Promosi Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Technobiz, 4(2), 62–69.

Pratiwi, W. A., & Sulistyowati, R. (2020). Pengaruh inovasi produk dan social media marketing terhadap sales performance pada ikm batik gedog kabupaten tuban. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(1).

Santosa, D. G. W., & Mashyuni, I. A. (2021). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Grab di Kota Denpasar. Widya Amrita, 1(1), 290–302. https://doi.org/10.32795/widyaamrita.v1i1.1176

Saputra, R. (2017). Digital Repository Universitas Jember Digital Repository Universitas Jember. Efektifitas Penyuluhan Gizi pada Kelompok 1000 HPK dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Kesadaran Gizi, 3(3), 69–70.

Wardhana, A. (2022). Brand Image Dan Brand Awareness. In A. Sudirman (Ed.), Brand Marketing: The Art of Branding (Nomor January). Media Sains Indonesia.

Widjaja, Y. R., & Rahmat, F. D. J. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian di Rumh Makan Kampoeng Sawah Kabupaten Bandung. Ekspansi, 9(1), 71–95.

Downloads

Published

2025-07-29

How to Cite

Ardiansyah, R., Nugroho, I. S., & Purwaningrum, C. (2025). Pengaruh Inovasi Produk, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Mie Instan Gaga 100 di Kelurahan Sumur Batu Jakarta Pusat. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 6(3), 544–551. https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i3.761

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.