Praktik Pemasaran Asuransi Kesehatan yang Beretika sebagai Faktor Penentu Keberlanjutan Bisnis

Authors

  • Nur Fitriani Wulandari Universitas Bakrie, Indonesia, Indonesia
  • Agus Satory Universitas Pakuan, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i4.844

Abstract

Praktik pemasaran asuransi kesehatan yang beretika menjadi isu krusial dalam konteks keberlanjutan bisnis di Indonesia, namun pemahaman mendalam mengenai hubungan keduanya masih terbatas. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi praktik pemasaran asuransi kesehatan yang beretika sebagai faktor penentu keberlanjutan bisnis melalui perspektif interpretatif. Penelitian kualitatif dengan desain studi kasus interpretatif ini melibatkan 28 partisipan yang terdiri dari eksekutif perusahaan asuransi, agen pemasaran, konsumen, dan regulator di Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam semi-terstruktur, observasi non-partisipan, dan analisis dokumen, kemudian dianalisis menggunakan analisis tematik reflektif dengan bantuan NVivo 12. Hasil penelitian mengidentifikasi empat tema utama: konstruksi makna etika pemasaran yang bervariasi antar stakeholder, dinamika kepercayaan sebagai fondasi keberlanjutan bisnis, praktik transparansi dan disclosure sebagai manifestasi etika, serta strategi adaptasi organisasional dengan tiga pola berbeda. Kepercayaan muncul sebagai mediator kritis yang menghubungkan praktik etis dengan loyalitas konsumen jangka panjang. Temuan menunjukkan bahwa perusahaan dengan pendekatan transformative integration terhadap etika pemasaran menunjukkan keunggulan kompetitif yang lebih berkelanjutan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa praktik pemasaran asuransi kesehatan yang beretika bukan hanya imperatif moral tetapi juga strategic necessity untuk keberlanjutan bisnis jangka panjang melalui empat mekanisme: pembangunan kepercayaan, mitigasi risiko, efisiensi operasional, dan diferensiasi kompetitif

References

Aburto Barrera, L. I., & Wagner, J. (2023). A systematic literature review on sustainability issues along the value chain in insurance companies and pension funds. European Actuarial Journal, 13(2), 653–701.

Djuanda, G. (Ed.). (2022). Penerapan hukum bisnis di Indonesia. Bab XII: Hukum perlindungan konsumen. Tahta Media Group.

Faugno, E., Gilkey, M. B., Cripps, L. A., Sinaiko, A., Peltz, A., Kingsdale, J., & Galbraith, A. A. (2023). “Pick a Plan and Roll the Dice”: A qualitative study of consumer experiences selecting a health plan in the non-group market. Health Policy Open, 5, 100112.

Green, J., & Thorogood, N. (2018). Qualitative methods for health research.

Kamila, M. K., & Jasrotia, S. S. (2023). Ethics and marketing responsibility: A bibliometric analysis and literature review. Asia Pacific Management Review, 28(4), 567–583.

Maass, M., Walter, N., Herrmann, D., & Hollick, M. (2018). On the difficulties of incentivizing online privacy through transparency: a qualitative survey of the German health insurance market. ArXiv Preprint ArXiv:1811.12775.

Popa, A. L., Tarca, N. N., Sasu, D. V, Bodog, S. A., Rosca, R. D., & Tarcza, T. M. (2022). Exploring Marketing Insights for Healthcare: Trends and Perspectives Based on Literature Investigation. Sustainability 2022, 14, 10499. s Note: MDPI stays neutral with regard to jurisdictional claims in published��.

Potthoff, S., Hempeler, C., & Scholten, M. (2023). Research ethics in qualitative health research. In International Journal of Qualitative Methods (Vol. 22, p. 16094069231189336). SAGE Publications Sage CA: Los Angeles, CA.

Pranugrahaning, A., Donovan, J. D., Topple, C., & Masli, E. K. (2023). Exploring corporate sustainability in the insurance sector: A case study of a multinational enterprise engaging with UN SDGs in Malaysia. Sustainability, 15(11), 8609.

Richards, H. M., & Schwartz, L. J. (2002). Ethics of qualitative research: are there special issues for health services research? Family Practice, 19(2), 135–139.

Satory, A. (2015). Perjanjian Baku dan Perlindungan Konsumen dalam Transaksi Bisnis Sektor Jasa Keuangan: Penerapan dan Implementasinya di Indonesia. PADJADJARAN Jurnal Ilmu Hukum (Journal of Law), 2(2), 9.

Satory, A., Sulistiyono, A., Purwadi, H., & Kadim, A. (2022). Alternative Model of Consumer Dispute Settlement Financial Service Sector in Indonesia. J. Legal Ethical & Regul. Isses, 25, 1.

Satory, A., Wuisang, A., Hosnah, A. U., Insan, I. H., Darmawan, I., Suparta, I. W., Lathif, N., Mihradi, R. M., & DP, S. H. (2017). Meneroka relasi hukum, negara, dan budaya. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Sugangga, R. (2022). Etika dan Hukum Bisnis. Bandung: Media Sains Indonesia.

Downloads

Published

2025-10-31

How to Cite

Wulandari, N. F., & Satory, A. (2025). Praktik Pemasaran Asuransi Kesehatan yang Beretika sebagai Faktor Penentu Keberlanjutan Bisnis. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 6(4), 1134–1142. https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i4.844

Citation Check