Peran Program Baiat Sebagai Penguatan Akhlak Santri dalam Mewujudkan Tujuan Pendidikan Tafaqquh Fi Al-Din

Authors

  • Arief Hadillah Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia
  • Roni Nugraha Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia
  • Ela Komala Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v5i4.872

Abstract

Pendidikan pesantren berperan strategis dalam membentuk akhlak santri sebagai fondasi utama pencapaian tujuan pendidikan Islam. Salah satu instrumen yang digunakan di Pesantren Persis 1 Bandung adalah program Baiat, yaitu ikrar komitmen santri terhadap nilai-nilai keislaman dan disiplin kehidupan pesantren. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran program Baiat dalam penguatan akhlak santri serta kontribusinya dalam mewujudkan tujuan pendidikan tafaqquh fi al-dīn. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, serta telaah dokumen terkait pelaksanaan program Baiat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Baiat berfungsi sebagai sarana internalisasi nilai moral, pembiasaan perilaku positif, dan penguatan kesadaran spiritual santri. Dampak yang menonjol ialah peningkatan kedisiplinan, ketaatan kepada guru dan orang tua, komitmen ibadah, serta sikap tanggung jawab sosial. Baiat juga memperkuat relasi antara nilai-nilai akhlak dengan kurikulum pesantren, sehingga membentuk keterpaduan antara aspek kognitif, afektif, dan spiritual. Dengan demikian, program Baiat terbukti efektif dalam menanamkan akhlak mulia sekaligus mendukung pencapaian tujuan tafaqquh fi al-dīn. Temuan ini menegaskan pentingnya pengembangan program serupa sebagai strategi pendidikan karakter di pesantren agar lebih terintegrasi, berkelanjutan, dan kontekstual dengan kebutuhan zaman

Downloads

Published

2024-09-04

How to Cite

Hadillah, A., Nugraha, R., & Komala, E. (2024). Peran Program Baiat Sebagai Penguatan Akhlak Santri dalam Mewujudkan Tujuan Pendidikan Tafaqquh Fi Al-Din. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(4). https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v5i4.872

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>