Pengaruh Komunikasi Orang Tua–Anak dalam Keluarga Pengaruh Komunikasi Orang Tua–Anak dalam Keluarga
DOI:
https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v5i4.871Abstract
Komunikasi orang tua dengan anak dalam keluarga memiliki peran strategis dalam membentuk sikap keberagamaan dan prestasi belajar anak. Namun, dalam kehidupan masyarakat perkotaan, tidak sedikit orang tua yang mengabaikan komunikasi dengan anaknya karena kesibukan, sehingga berdampak pada rendahnya sikap keberagamaan dan prestasi belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi orang tua-anak dalam keluarga terhadap sikap keberagamaan dan prestasi belajar anak santri kelas XII MAS Persis 69 Matraman Jakarta Timur. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan metode survei. Populasi penelitian adalah 58 santri kelas XII, dengan sampel sebanyak 35 santri yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Data dikumpulkan melalui angket untuk variabel komunikasi orang tua-anak dan sikap keberagamaan, serta dokumentasi nilai rapor untuk variabel prestasi belajar. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi orang tua-anak berpengaruh signifikan terhadap sikap keberagamaan (Sig. 0,014 < 0,05) dengan kontribusi 16,8%, dan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar anak (Sig. 0,036 < 0,05) dengan kontribusi 12,7%. Secara simultan, komunikasi orang tua-anak berpengaruh signifikan terhadap kedua variabel tersebut. Penelitian ini menegaskan bahwa komunikasi keluarga yang efektif dapat menciptakan keseimbangan antara kecerdasan spiritual dan intelektual anak, sehingga pendidikan keluarga merupakan fondasi utama dalam membentuk generasi yang berkarakter dan berprestasi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Arfie Novrian, Roni Nugraha, Anie Rohaeni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






