Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kemandirian Belajar Santri Berasrama Terhadap Prestasi Belajar PAI
DOI:
https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v5i4.860Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kemandirian belajar santri berasrama terhadap prestasi belajar PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif eksploratif korelasional dengan teknik survey dan random sampling yang diambil dari Santri Madrasah Aliyah Persatuan Islam Matraman Jakarta Timur. Populasi penelitian ini berjumlah 15 santri yang tinggal diasrama. Seluruh populasi diteliti. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kecerdasan emosional (variabel X) dan kemandirian belajar (variabel X2) adalah kuisoner yang disebar kepada santri berasrama. Adapan prestasi belajar PAI (variabel Y) intrumennya adalah hasil belajar yang dilihat dari nilai raport semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukan (1). Tidak adanya pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi siswa mata pelajaran PAI yang ditunjukan dengan angka sig 0,495 > 0,05 maka dapat diartikan bahwa tidak ada pengaruh variabel X (Kecerdasan Emosi) terhadap variabel Y (Prestasi belajar PAI). (2). Tidak adanya pengaruh kemandirian terhadap prestasi siswa mata pelajaran PAI yang ditunjukan dengan sig 0,269 > 0,05 maka dapat diartikan bahwa tidak terdapat pengaruh variabel X (Kecerdasan Emosi) terhadap variabel Y (Prestasi belajar PAI). dan (3). Tidak adanya pengaruh kecerdasan emosional dan kemandirian terhadap prestasi siswa mata pelajaran PAI yang ditunjukan dengan nilai sig 0,358 > 0,05 atau t-hitung > t-tabel, maka secara simultan atau bersama sama tidak terdapat pengaruh variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Abdul Mutalib, Syarif Hidayat, Ade Irma Solihah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






