Pengaruh Pembelajaran Fiqih dan Akidah Akhlak Terhadap Sikap Keberagamaan Siswa di SMP Plus Cendekia, Cikeas, Bogor

Authors

  • Banjar Hermana Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia
  • Ade Irma Solihah STAI Persis Jakarta, Indonesia, Indonesia
  • Ahmad Muharam Basyari Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v5i4.874

Abstract

Pembelajaran Fiqih untuk membuat siswa memahami aturan dan hukum Islam, sedangkan Akidah Akhlak menekankan pada Pendidikan moral, etika, dan perilaku. Hasil dari mempelajari Fiqih dan Akidah Akhlak diharapkan mampu membentuk sikap keberagamaan siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah masifnya perilaku masyarakat khususnya pelajar yang tidak mencerminkan sikap keberagamaan yang baik. Sering terjadi perkelahian antar pelajar narkoba, minuman keras, pergaulan bebas, tindakan kasar, dan siswa melawan guru, menunjukkan rendahnya sikap keberagamaan pelakunya. Siswa SMP masih dalam tahap perkembangan menuju dewasa, penuh rasa ingin tahu dan mencoba-coba. Secara umum mereka rentan terhadap pengaruh negatif dari luar, pendiriannya belum stabil karenanya memerlukan bimbingan dan pengetahuan yang dapat membentenginya dari pengaruh buruk, seperti budaya asing yang merusak moral, atau konten negatif media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh pembelajaran fiqih dan akidah akhlak terhadap sikap keberagamaan, perilaku, kesadaran beribadah, dan moral siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Survei menggunakan pendekatan kuantitatif dan dilaksanakan di SMP Plus Cendekia, Cikeas, Bogor. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara dan observasi, Instrumen penelitian yang digunakan diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan metode korelasi Pearson dan uji Cronbach’s Alpha. untuk memastikan keakuratan dan konsistensi data. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan teknik statistik regresi berganda, karena variabel bebas yang diteliti lebih dari satu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran fiqih dan Akidah Akhlak berpengaruh signifikan dalam meningkatkan sikap keberagamaan siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran Fiqih dan Akidah Akhlak dapat memberi pengaruh terhadap pembentukan sikap keberagamaan siswa

Downloads

Published

2024-09-04

How to Cite

Hermana, B., Irma Solihah, A., & Muharam Basyari, A. (2024). Pengaruh Pembelajaran Fiqih dan Akidah Akhlak Terhadap Sikap Keberagamaan Siswa di SMP Plus Cendekia, Cikeas, Bogor . JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(4). https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v5i4.874

Citation Check