Fasad dalam Perspektif Pendidikan Islam

Authors

  • Pebrian Erdiana Himawan Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia, Indonesia
  • Aas Asrulsani Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia, Indonesia
  • Abdul Kholik Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia, Indonesia
  • Arman Nurhakim Maulana Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i4.759

Keywords:

Fasad, Pendidikan Islam, Akhlak, Tauhid

Abstract

Pendidikan Islam memiliki peran penting dalam membentuk individu yang berakhlak dan beradab. Namun, dalam realitasnya, terdapat berbagai bentuk fasad (kerusakan) yang menghambat tujuan utama pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep fasad dalam perspektif pendidikan Islam serta mengidentifikasi faktor-faktor penyebab dan solusinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library research), yang bersumber dari Al-Qur'an, Hadis, serta pemikiran para ulama dan cendekiawan Muslim seperti Ibnu Khaldun, Al-Ghazali, dan Ibnu Qayyim al-Jawziyyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasad dalam pendidikan Islam dapat berbentuk penyimpangan akidah dan nilai, degradasi akhlak, sistem pendidikan yang tidak Islami, penyalahgunaan teknologi, serta lingkungan pendidikan yang tidak kondusif. Untuk mengatasi permasalahan ini, pendidikan Islam harus berlandaskan tauhid, menanamkan adab dan akhlak mulia, mengintegrasikan ilmu dan amal, serta membentuk kesadaran akan tanggung jawab manusia sebagai khalifah di bumi. Solusi yang ditawarkan meliputi integrasi ilmu agama dan umum, penguatan pendidikan akhlak, reformasi kurikulum, pemanfaatan teknologi yang bijak, serta pembentukan lingkungan pendidikan berbasis nilai-nilai Islam. Penelitian ini menegaskan bahwa fasad dalam pendidikan Islam merupakan tantangan serius yang harus segera diatasi. Pendidikan yang berorientasi pada nilai-nilai Islam akan menjadi kunci utama dalam membangun generasi yang beradab dan bertanggung jawab terhadap kehidupan dunia dan akhirat .

References

al-Attas, M. N. (1993). Islam And Secularism (Kuala Lumpur: Art. Printing Warks Sdn. Bld, 1993), cet. II.

Al-Ghazali. (2003). Ihya’ Ulumuddin. Dar al-Fikr.

Al-K l n, M. jid�Irs n. (1987). Falsafah al-Tarbiyah al-Isl miyyah: Dir sah Muq ranah baina Falsafah al-Tarbiyah al-Isl miyyah wa al-Falsaf t al-Tarbawiyyah al-Mu� shirah. Mekkah: Maktabah Al-Man Rah.

Aziz, M., Habibah, M., & Sonhaji, M. F. (2020). Musnad Imam Ahmad Bin Hambal. STUDI KITAB HADIS: Dari Muwaththa’Imam Malik Hingga Mustadrak Al Hakim, 26.

Fauzi, A. A. (2022). Makna FASAD Dalam AL-QUR’AN (STUDI ANALISIS KITAB TAFSIR LATAIF AL-ISYARAT. FU.

Hamimi, A. I., Nurcholisho, L. R., Fatkhurrohman, F., Ngazizah, N., & Sunarko, A. (2022). Kata Fasad dalam Al Quran (Analisis Semantik Al Quran). Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(2), 181–198. https://doi.org/10.32699/liar.v6i2.3732

Husaini, A. (2018). Pendidikan Islam: mewujudkan generasi gemilang menuju negara adidaya 2045: kompilasi pemikiran pendidikan. Yayasan Pendidikan Islam At-Taqwa.

Mulyasa, E. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. PT Bumi Aksara.

Rasyidah, A. (2020). Pendidikan pada masa Rasulullah SAW di Makkah dan di Madinah. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam), 2(1), 32–44.

Rizki Kurniawan, .dkk. (2023). Pemikiran Ibnu Khaldun Tentang Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Riset Rumpun Agama Dan Filsafat (JURRAFI), 2(1), 65–77.

Sani, A. (2023). Radikalisme dan Ekstremisme dalam Pemikiran Sayyid Qutb: Tinjauan Kritis atas Tafsir Fi-Zilalil Qur’an. Al-Misykah: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Tafsir, 4(2), 157–178.

Siddiqui, A. H. (1976). Sahih Muslim. Peace Vision.

Tafsir, A. (2013). Ilmu pendidikan islami. Remaja Rosdakarya.

Tolchah, M. (2015). Filsafat pendidikan Islam konstruksi tipologis dalam pengembangan kurikulum. Tsaqofah: Jurnal Peradaban Islam, 11(2), 381–389.

Wafiqni, N., & Latif, A. E. (2016). Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2003. School Community Journal, 26(2).

Downloads

Published

2025-10-03

How to Cite

Himawan, P. E., Asrulsani, A., Kholik, A., & Maulana, A. N. (2025). Fasad dalam Perspektif Pendidikan Islam. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 6(4), 1086–1094. https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i4.759

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.