Tren Pemanfaatan Mobile Learning Berbasis Android dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Ayu Dyah Fathimah Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia, Indonesia
  • Baharudin Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia, Indonesia
  • Farida Farida Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i3.749

Keywords:

Mobile Learning, Moble Education, Mobile Technology, Study Literature Review

Abstract

Mobile learning telah menjadi inovasi penting dalam pendidikan modern, khususnya dalam meningkatkan aksesibilitas dan interaktivitas pembelajaran. Penelitian " Mobile Learning Dalam Pembelajaran: Tinjauan Sistematis Untuk Pengembangan Pembelajaran Digital Pendidikan Agama Islam" bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis tren, manfaat, dan tantangan dalam penerapan teknologi Mobile Learning di pendidikan pada saat ini. Metode pada karya ilmiah ini menggunakan Systematic Literature Review dengan teknik olah data analisis bibliometrik, diperoleh data inklusi sebanyak 36 artikel dari 167 artikel yang terindeks Scopus, Sinta 1, dan Sinta 2 dalam rentang waktu 2021 hingga 2025. Kemudian divisualisasikan menggunakan VOSviwers 1.6.20. Analisis tersebut mengungkapkan peningkatan tajam dalam publikasi selama tahun 2021, yang dikaitkan tranformasi Mobile learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Namun, analisis tersebut juga menyoroti kesenjangan yang signifikan dalam mengintegrasikan pendidikan islam dengan pembelajaran Mobile learning. Mayoritas publikasi berasal dari Indonesia, Turkie dan Malaysia, dan ada pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang mendominasi dan berhubungan dengan metodologi. Hasilnya menunjukkan meskipun peluang dan popularitas tren penelitian yang condong ke arah ponsel dalam pendidikan meski masih ada beberapa kendala yaitu dari segi sinyal dan pengkondisian suasana kelas. Namun analisis tersebut juga menyoroti kesenjangan yang signifikan dalam mengintegrasikan Pendidikan Agama Islam dengan Mobile Learning. Efek dari temuan penelitian ini bertujuan untuk memberi para peneliti kesempatan untuk memperdalam penelitian mereka tentang topik "Mobile learning dalam pendidikan" untuk mencapai prospek potensial untuk penelitian lebih lanjut

References

Akbar, M. A. (2021). Mobile Learning dalam Pendidikan. Suitmedia, 2(1), 23–32.

Anizar, M., Umi, R., Agus, H., Kunci, K., Learning, B., Belajar, G., & Pendidikan, T. (2022). Penentuan Teknologi Pendidikan : Analisis Pembelajaran Daring dan Gaya Belajar. 4(2), 168–177.

Casselden, B., & Pears, R. (2020). Higher education student pathways to ebook usage and engagement, and understanding: Highways and cul de sacs. Journal of Librarianship and Information Science, 52(2), 601–619. https://doi.org/10.1177/0961000619841429

Coelho, R. C., Marques, M. F. P., & De Oliveira, T. (2023). Mobile Learning Tools to Support in Teaching Programming Logic and Design: A Systematic Literature Review. Informatics in Education, 22(4), 589–612. https://doi.org/10.15388/infedu.2023.24

Compen, B., De Witte, K., & Schelfhout, W. (2019). The role of teacher professional development in financial literacy education: A systematic literature review. Educational Research Review, 26, 16–31. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2018.12.001

Dan, P., Media, I., & Pendidikan, T. D. (2025). Pengembangan dan implementasi media pembelajaran interaktif: analisis efektivitas dan dampak dalam transformasi digital pendidikan 1. 3(1), 27–35. https://doi.org/10.59966/pandu.v3i1.1619

Dewantara, K. T. W. (2024). Mobile Learning dalam Pendidikan: Analisis Bibliometrik. UPGRADE: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1), 23–32.

Faridha, S., Yulianti, S., & Sugiarti, Y. (2024). Perkembangan Teknologi Yang Pesat Telah Memicu Munculnya Berbagai Aplikasi Mobile Dan Website Yang Dirancang Untuk Memudahkan Aktivitas Dan Pekerjaan Manusia. Bit-Tech, 7(1), 58–67.

Harwina, Rr. Tutik Sri Hariyati, & Hanny Handiyani. (2024). Pemanfaatan teknologi berbasis mobile pada pencatatanPemanfaatan Teknologi Berbasis Mobile Pada Pencatatan Tindakan Keperawatan: Literature Review. Cendekia Medika: Jurnal Stikes Al-Ma`arif Baturaja, 9(1), 80–87. https://doi.org/10.52235/cendekiamedika.v9i1.331

Hashim, P. K., Bergueiro, J., Meijer, E. W., & Aida, T. (2020). Supramolecular polymerization: a conceptual expansion for innovative materials. Progress in Polymer Science, 105, 11–250.

Jayanthi, R., & Dinaseviani, A. (2022). Kesenjangan Digital dan Solusi yang Diterapkan di Indonesia Selama Pandemi COVID-19. JURNAL IPTEKKOM Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 24(2), 187–200. https://doi.org/10.17933/iptekkom.24.2.2022.187-200

Junita, W. (2023). Penggunaan Mobile Learning sebagai Media dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED ISBN 978-623-92913-0-3, 602–609.

Kulbi, S. Z. (2019). Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(3), 385–406. https://doi.org/10.31538/nzh.v2i3.1110

Laela, N., Kholifah, N., & Nurlela. (2025). DEVELOPMENT AND IMPLEMENTATION OF INTERACTIVE LEARNING MEDIA: AN ANALYSIS OF EFFECTIVENESS AND IMPACT IN THE DIGITAL TRANSFORMATION OF EDUCATION. PANDU : Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 3(1), 27–35.

Muin, N. (2022). Volume . 19 Issue 3 ( 2022 ) Pages 560-567 AKUNTABEL : Jurnal Akuntansi dan Keuangan ISSN : 0216-7743 ( Print ) 2528-1135 ( Online ) Peran mobile learning pada pergeseran lingkungan belajar terhadap motivasi dan minat belajar mahasiswa pada saat pandemik . 3(3), 560–567. https://doi.org/10.29264/jakt.v19i3.11610

Musahrain, Nunuk, S., & Suharno. (2017). Pengaplikasian Mobile Learning Sebagai Media dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional, 125–131.

Nguyen, G. T. C., & Thai, D. T. (2023). Integrated teaching in primary schools: A systematic review of current practices, barriers, and future developments. International Journal of Evaluation and Research in Education, 12(4), 2053–2062. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i4.26087

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. In Nizmania Learning Center.

Putri, F. R., & Suharso, A. (2023). Systematic Literature Review Penggunaan Metodologi Pengembangan Sistem Informasi. INFOTECH journal, 9(2), 377–382. https://doi.org/10.31949/infotech.v9i2.6270

Rahman, D. N., Saputra, D. S., & Kurino, Y. D. (2019). Pemanfaatan Teknologi Mobile Learning Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan, 1, 357–362.

Rahmi, E. R., Yumami, E., & Hidayasari, N. (2023). Analisis Metode Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website: Systematic Literature Review. Remik, 7(1), 821–834. https://doi.org/10.33395/remik.v7i1.12177

Soraya, S. M., Kurjono, K., & Muhammad, I. (2023). Analisis Bibliometrik : Penelitian Literasi Digital dan Hasil Belajar pada Database Scopus (2009-2023). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 387–398. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.270

Sutiyono. (2013). the Implementation of Moral Educationas School Students ’. Jurnal Pendidikan Karakter, III(3), 309–320.

Warsita, B. (2018). Mobile Learning Sebagai Model Pembelajaran Yang Efektif Dan Inovatif. Jurnal Teknodik, XIV(1), 062–073. https://doi.org/10.32550/teknodik.v14i1.452

Wulandari, T. (2024). Tren Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Menengah Atas : Tinjauan. LEARNIN: Jurnal iIovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(4).

Downloads

Published

2025-08-12

How to Cite

Dyah Fathimah, A., Baharudin, & Farida, F. (2025). Tren Pemanfaatan Mobile Learning Berbasis Android dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 6(3), 759–771. https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i3.749

Citation Check