Kepuasan Konsumen dan Reputasi Merek Terhadap Brand Loyalty Daviena Skincare
DOI:
https://doi.org/10.36418/syntaximperatif.v5i4.466Abstract
Industri kosmetik global dan lokal menunjukkan pertumbuhan signifikan, dengan pasar kosmetik global mencapai USD 145,3 miliar pada tahun 2020 dan diperkirakan tumbuh sebesar 3,6% per tahun hingga 2027. Di Indonesia, sektor kosmetik juga mencatatkan pertumbuhan tinggi, didorong oleh populasi besar dan peningkatan kelas menengah. Generasi Z, sebagai kelompok usia terbesar, memiliki pengaruh signifikan terhadap tren skincare dan menunjukkan preferensi tinggi terhadap brand lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepuasan konsumen dan reputasi merek terhadap loyalitas merek (brand loyalty) dari Daviena Skincare. Metode penelitian kuantitatif menggunakan analisis data SEM-PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan konsumen berpengaruh besar terhadap brand loyalty sebesar 35,5% dan reputasi merek berpengaruh besar terhadap brand loyalty. Kepuasan konsumen dan reputasi merek memiliki nilai r square 0,705 artinya kepuasan konsumen dan reputasi merek memiliki pengaruh 70,5% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Dari hasil penelitian, brand loyalty dapat ditingkatkan atau didapatkan melalui kepuasan dengan sesuainya harapan seperti kualitas, kemudahan mendapatkan produk serta promosi. Reputasi merek yang baik menjadi landasan brand loyalty melalui keandalan produk yang dimiliki serta review yang tersebar di media sosialIndustri kosmetik global dan lokal menunjukkan pertumbuhan signifikan, dengan pasar kosmetik global mencapai USD 145,3 miliar pada tahun 2020 dan diperkirakan tumbuh sebesar 3,6% per tahun hingga 2027. Di Indonesia, sektor kosmetik juga mencatatkan pertumbuhan tinggi, didorong oleh populasi besar dan peningkatan kelas menengah. Generasi Z, sebagai kelompok usia terbesar, memiliki pengaruh signifikan terhadap tren skincare dan menunjukkan preferensi tinggi terhadap brand lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepuasan konsumen dan reputasi merek terhadap loyalitas merek (brand loyalty) dari Daviena Skincare. Metode penelitian kuantitatif menggunakan analisis data SEM-PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan konsumen berpengaruh besar terhadap brand loyalty sebesar 35,5% dan reputasi merek berpengaruh besar terhadap brand loyalty. Kepuasan konsumen dan reputasi merek memiliki nilai r square 0,705 artinya kepuasan konsumen dan reputasi merek memiliki pengaruh 70,5% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Dari hasil penelitian, brand loyalty dapat ditingkatkan atau didapatkan melalui kepuasan dengan sesuainya harapan seperti kualitas, kemudahan mendapatkan produk serta promosi. Reputasi merek yang baik menjadi landasan brand loyalty melalui keandalan produk yang dimiliki serta review yang tersebar di media sosial
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Amienah Atthahirah, Prima Mulyasari Agustini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.