Dinamika Komunikasi Interpersonal Remaja dalam Interaksi Virtual di Instagram
DOI:
https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i3.719Keywords:
Instagram, Komunikasi Interpersonal, Penetrasi SosialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi interpersonal yang digunakan oleh remaja dalam menjalin pertemanan di dunia maya melalui media sosial Instagram, dengan studi kasus pada akun grup AdoreTeas. Masalah penelitian ini berfokus pada dinamika pertemanan di dunia maya yang melibatkan proses interaksi, keterbukaan diri, dan dukungan sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana tahapan-tahapan interaksi interpersonal seperti orientasi, pertukaran afektif, dan pertukaran stabil dapat diterapkan dalam konteks pertemanan di Instagram, serta mengidentifikasi perbedaan antara pertemanan online dan offline dalam hal keintiman dan kualitas hubungan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, observasi non-partisipatif dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teori penetrasi sosial Altman & Taylor, yang mengidentifikasi tahapan komunikasi interpersonal. Tahap-tahap ini meliputi orientasi, penjajakan afektif, pertukaran afektif, dan pertukaran stabil, yang dianalisis dalam konteks interaksi di media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Instagram memfasilitasi proses keterbukaan diri dan mendukung pembentukan ikatan emosional yang kuat di antara anggota grup AdoreTeas. Meskipun komunikasi dilakukan di dunia maya, hasil menunjukkan bahwa interaksi yang terjadi di Instagram memiliki potensi untuk menghasilkan hubungan yang intim dan mendalam, sebanding dengan pertemanan yang dibentuk melalui interaksi tatap muka. Kesimpulannya, media sosial dapat menjadi platform yang efektif untuk membangun komunikasi interpersonal yang bermakna
References
Angela, N., & Yoedtadi, M. G. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Oleh Komunitas Historia Indonesia. Prologia, 3(2), 393. https://doi.org/10.24912/pr.v3i2.6371
Anggio, A., & Setiawan, J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi. CV Jejak (Jejak Publisher).
Atabikrifki, A., Martawijaya, M. A., & Malago, J. D. (2019). Pengembangan Buku Siswa Fisika Berbasis Kearifan Lokal (Maja Labo Dahu) Di Man 1 Kota Bima. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 14(3), 8–14. https://doi.org/10.35580/jspf.v14i3.9942
Darmawan. (2019). Pengembangan hubungan interpersonal remaja dalam penggunaan media sosial di Kota Bandung. kajian komunikasi.
Faidlatul Habibah, A., Shabira, F., & Irwansyah, I. (2021). Pengaplikasian Teori Penetrasi Sosial pada Aplikasi Online Dating. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 44–53. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.183
Gultom, J., Gunarto, Mashdurohatun, A., & Handayani, I. G. A. K. R. (2015). Reconstruction Policy of Public Service Provision Based on Passenger Terminal Expediency Values. International Journal of Business, Economics and Law, 8(4), 161–167.
Julius, N. (2025). Data Jumlah Pengguna Instagram di Indonesia 2025. Upgraded.
Manalu, N. H. (2022). Jurnal pendidikan ips. Kompleksitas Konflik Ukraina-Rusia, Vol. 12, N(Konflik Ukraina-Rusia), 39–48.
Manurung. (2021). PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DI KALANGAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UIN SUMATERA UTARA. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA.
Mubaroq, H., & Hidayati, Y. N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Dan Facebook Dalam Pembentukan Budaya Alone Together Pada Kalangan Remaja Di Desa Ambulu Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo. Populika, 10(2), 54–61. https://doi.org/10.37631/populika.v10i2.497
Prihatiningsih, W. (2017). Motif Penggunaan Media Sosial Instagram Di Kalangan Remaja. Communication, 8(1), 51. https://doi.org/10.36080/comm.v8i1.651
Umar, Ghufron, A., & Wuryandani, W. (2025). Integrating Maja Labo Dahu culture in Islamic education: a module for character development in elementary students. Journal of Education and Learning, 19(2), 711–723. https://doi.org/10.11591/edulearn.v19i2.21801
Umar, U., Hendra, H., & Baihaqy Yussof, M. H. (2019). Building Children’s Character: Ethnographic Study of Maja Labo Dahu Culture at Bima Community. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 4(2), 182–201. https://doi.org/10.25217/ji.v4i2.582
West, R., & Turner, L. H. (2017). Pengantar Teori Komunikasi (3rd ed.). Salemba Humanika.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Sani Rahman, Firmansyah Firmansyah, Muhamad Hilman Firmansyah, Aditya Aditya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.