Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan
DOI:
https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i2.689Keywords:
Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Laundry Sepatu, Promosi, HargaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak promosi, harga, dan kualitas layanan terhadap tingkat kepuasan pelanggan pada layanan laundry sepatu TYM Wash yang berlokasi di Babat, Lamongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan analisis data yang dilakukan menggunakan perangkat lunak SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi dan kualitas layanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sementara harga mempengaruhi kepuasan pelanggan, namun tidak berpengaruh langsung terhadap kualitas layanan. Faktor utama yang memengaruhi kepuasan pelanggan adalah promosi yang dilakukan secara efektif melalui media sosial, harga yang kompetitif, serta kualitas layanan yang mencakup kecepatan, ketepatan, dan keramahan. Berdasarkan temuan ini, penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan strategi promosi, meningkatkan transparansi harga, serta memperbaiki kualitas layanan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.
References
Adriansa, M., Yulianti, L., & Elfianty, L. (2022). Analisis Kepuasan Pelanggan Menggunakan Algoritma C4.5. Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas, 07(21), 115–121. https://doi.org/10.54367/jtiust.v7i1.1983
Al Hakim, R., Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas dan reliabilitas angket motivasi berprestasi. FOKUS: Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 4(4), 263–268.
Andriyani, M., & Ardianto, R. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Bank. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(02), 133–140. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i02.73
Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p86-94
Fitriatun, E. (2019). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Laundry Sepatu DEstilo Makassar Dalam Peningkatan Pendapatan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial least squares konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program smartpls 3.0 untuk penelitian empiris. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Harahap, I., Rahmani, N. A. B., Pohan, A. M., & Pohan, M. M. (2023). The Influence of Leadership, Work Discipline, and Motivation on Employee Performance with Religiosity as a Moderating Variable. Almana : Jurnal Manajemen dan Bisnis, 7(1), 84–93. https://doi.org/10.36555/almana.v7i1.2112
Kasiyati, S. B., Setyowati, E., & Santoso, R. (2022). Berwirausaha Melalui Laundry Sepatu di SMP 17 Agustus 1945, Nginden Semolo, Menur Pumpungan, Kota Surabaya. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 118–126. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v5i1.1581
Muzaki, M. F., Mulyani, I. D., & Khojin, N. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Luang Waktu Coffee). AURELIA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(1), 44–57. https://doi.org/10.57235/aurelia.v1i1.24
Pertiwi, A. B., Ali, H., & Sumantyo, F. D. S. (2022). Faktor-faktor Yang Mempengarui Loyalitas Pelanggan; Analisis Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan (Literature Revie Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(6), 582–591.
Pratomo, R. (2022). Pengaruh efikasi diri terhadap kinerja karyawan dengan keterikatan karyawan sebagai variabel intervening. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 11(04), 1021–1033.
Puirih, K., Mananeke, L., & Lengkong, V. P. K. (2020). Fenomena Keputusan Pembelian Dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Kepuasan Konsumen Tokopedia Di Kota Manado the Phenomenon of Buying Decision and Use of Social Media on Consumer Satisfaction Tokopedia in Manado City. 411 Jurnal EMBA, 8(3), 411–419.
Puspita, C. M., & Budiatmo, A. (2020). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening (Studi pada Rocket Chicken Wolter Monginsidi Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(3), 268–275.
Putra, R. (2021). Determinasi Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4), 516–524. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i4.461
Raksipratama, D., & Iqbal Firdaus, M. (2020). Sistem Informasi Pelayanan Jasa Cuci Sepatu Di Shine Shoes Banjarmasin Dengan Sms Gateway.
Reza Nurul Ichsan, Ahmad Karim. (2021). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pt. Jasa Raharja Medan. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 6(1), 54–57. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v6i1.729
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Winarto, A., Mahmud, E., & Muadin, A. (2023). Manajemen Humas dalam Membangun Citra Lembaga: Studi Multisitus di STAI Sangatta dan STIPER Sangatta Kutai Timur. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(1), 159–169.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Ahsanul Umar, Roudlotul Badi’ah, Siti Musarofah, Didik Pujiwahyono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.