Antara Teks dan Konteks Serta Implementasi Tawabi dan Quyud dalam Al-Qur’an

Authors

  • Tami Dewi Puspa Rahayu Pascasarjana Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia, Indonesia
  • Muhammad Arif Pascasarjana Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia, Indonesia
  • Edi Komarudin Pascasarjana Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia, Indonesia
  • Wildan Taufiq Pascasarjana Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i2.688

Keywords:

Ilmu Nahwu, Quyud, Tawa'bi

Abstract

Ilmu Nahwu merupakan fondasi utama dalam cabang linguistik bahasa Arab yang mulai berkembang sejak abad pertama Hijriyah. Seiring waktu, ilmu ini mengalami perkembangan pesat, yang terlihat dari banyaknya karya-karya ilmiah yang mengulas berbagai metode dalam nahwu. Selain itu, sejak abad kedua Hijriyah, mulai bermunculan berbagai aliran dengan pendekatan masing-masing, seperti aliran Basrah, Kufah, Bagdad, Andalusia, hingga Mesir yang berkembang sampai abad kelima Hijriyah. Dalam konteks perkembangan keilmuan di era modern, para pakar bahasa Arab telah melakukan berbagai usaha reformulatif dan simplifikasi terhadap struktur bahasa Arab agar lebih mudah dipahami oleh peserta didik, baik dari wilayah Arab maupun dari luar kawasan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan penjelasan mengenai konsep Tawābi’ dan Quyūd, serta mengidentifikasi metode pembelajaran yang tepat bagi siswa tingkat menengah, termasuk bagaimana penerapannya secara efektif. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam memperluas wawasan para pendidik dan peserta didik dalam bidang ilmu nahwu, khususnya pada pembahasan Tawābi’ dan Quyūd, melalui pendekatan pembelajaran yang relevan dan aplikatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research), dengan mengkaji berbagai sumber literatur, serta mengaitkannya dengan bentuk implementasi di masyarakat dalam konteks penerapan ilmu nahwu, khususnya terkait topik Quyūd dan Tawābi’

References

Afandi, M. (2021). Pendekatan Kualitatif dalam Studi Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Bahasa, 5(2), 123–135.

Al Qifari, A. (2022). Nakirah dan Ma‘rifah Fii Al-Qur’an. Shaut al Arabiyyah, 10(1). https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/download/29432/15101/

Al-Azzam, B. H. (2020). Arabic Grammar and the Challenges of Preservation: A Historical Linguistic Study. Journal of Arabic and Islamic Studies, 20(1), 33–50. https://doi.org/10.5617/jais.7925

Al-Farra’, Y. (1983). Ma‘ani al-Qur’an. Dar al-Ma‘rifah.

Al-Jurjani, A. (2006). Al-Ta‘rifat. Maktabah al-Qahira.

Al-Khatib, A. M. (2020). An Introduction to Arabic Grammar: The Ma‘rifat and Nakirah Distinction Revisited. Journal of Arabic Linguistics, 18(1), 45–59.

Dahana, H., & Fitri, L. (2021). Analisis Tawabi’ dalam Al-Qur’an: Kajian Ilmu Nahwu. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 8(2), 123–135. https://doi.org/10.15408/arabiyat.v8i2.#####

Darraz, A. (2019). An-Naba’ul ’Azhim: Tafsir Tematik Tentang Al-Qur’an sebagai Mukjizat Bahasa dan Hukum. Dar Al-Fikr.

Holilulloh, A. (2020). Kontribusi Pemikiram Nahwu Imam Sibawaih dan Ibrahim Mustafa dalam Linguistik Arab.

Ismail, M. (2021). Tafsir dan Qiyās: Menjelaskan Konsep Taqyīd dalam Ayat-Ayat Hukum. Jurnal Ushuluddin, 29(2), 155–170. https://doi.org/10.24014/jush.v29i2.13456

Malik, I. (n.d.). Alfiyah Ibnu Malik. Terjemahan oleh Nahwu Sharaf. https://wakidyusuf.wordpress.com/2017/03/21/nahwu-sharraf-19-isim-marifat-dan-isim-nakirah/

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT Remaja Rosdakarya.

Roji, F. (2020). Pembaharuan Nahwu Menurut Shauqi Dhaif dan Ibrahim Mustafa. El-Ibtikar, 45.

Sharaf, N. (n.d.). Bab Nakirah dan Ma’rifat. https://nahwusharaf.wordpress.com/terjemah-alfiyah-ibnu-malik/bab-nakirah-dan-marifat/

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suryadi, B. (2021). Penerapan Ilmu Nahwu dalam Analisis Kalimat Bahasa Arab di Madrasah Aliyah. Jurnal Al-Lughah, 13(1), 89–101.

Syihab, A. (2019). Ushul Nahwu dan Fungsinya dalam Pemahaman Ayat Al-Qur’an. Jurnal Studi Islam Dan Bahasa Arab, 5(2), 122–134.

Ummah, S. R. (2021). Penggunaan Balaghatul Qur’an Sebagai Alternat Pembelajaran Ilmu Balaghah.

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.

الهاشمي, أ. أ. (2018). No Title. In ف. ا. والبديع.

عباس, ا. ف. (2016). No Title. كلة التربية - الجاسة الأردنية.

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Rahayu, T. D. P., Arif, M., Komarudin, E., & Taufiq, W. (2025). Antara Teks dan Konteks Serta Implementasi Tawabi dan Quyud dalam Al-Qur’an. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 6(2), 263–274. https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i2.688

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.