Analisis Perbandingan Kurikulum Merdeka dalam Pelajaran PAI di Sekolah Umum dan Madrasah
DOI:
https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i1.657Keywords:
Evaluasi Pembelajaran, Kurikulum Merdeka, Madrasah, Pendidikan Agama Islam, Sekolah UmumAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah umum dan madrasah. Kurikulum Merdeka memberikan otonomi kepada satuan pendidikan dalam mengelola pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik. Metode yang digunakan adalah studi literatur, dengan data primer berupa dokumen resmi Kemendikbud dan Kemenag, serta data sekunder dari jurnal ilmiah, buku, dan hasil penelitian terdahulu. Hasil kajian menunjukkan bahwa pelaksanaan Kurikulum Merdeka dalam PAI berdampak positif terhadap peningkatan pemahaman konsep, penguatan karakter, serta pengembangan kompetensi siswa. Perbedaan utama antara sekolah umum dan madrasah terletak pada struktur kurikulum, metode pembelajaran, alokasi waktu, dan sistem evaluasi. Di madrasah, kurikulum PAI diterapkan lebih mendalam dan terstruktur, sedangkan di sekolah umum cenderung terbatas dalam alokasi waktu dan cakupan materi. Meskipun demikian, kedua lembaga menghadapi tantangan dalam pelaksanaan kurikulum, seperti kesiapan guru, integrasi teknologi, dan penyesuaian metode evaluasi. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan kompetensi guru, pemilihan materi yang relevan, serta pengembangan strategi pembelajaran yang adaptif dan kontekstual agar implementasi Kurikulum Merdeka dalam PAI dapat berjalan optimal.
References
Abdurrahman. (2023). Implikasi Landasan Psikologi Dalam Pengembangan Kurikulum Terhadap Proses Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Jurnal PAI Raden Fatah, 5(4), 862–880. https://doi.org/10.19109/pairf.v5i4
Abdurrahmansyah, A., Sugilar, H., Ismail, I., & Warna, D. (2022). Online Learning Phenomenon: From the Perspective of Learning Facilities, Curriculum, and Character of Elementary School Students. Education Sciences, 12(8). https://doi.org/10.3390/educsci12080508
Adolph, R. (2016). PENERAPAN KURIKULUM PESANTREN TERHADAP PEMAHAMAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ALFA ALI MASYKUR WONOSOBO. 4(2), 1–23.
Alfikri, M. Y., Handayani, S., & Chanifudin, C. (2024). Tantangan dan Peluang Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah: Menuju Madrasah Unggul yang Berdaya Saing. HEMAT: Journal of Humanities Education Management Accounting and Transportation, 1(2), 698–702. https://doi.org/10.57235/hemat.v1i2.2816
Aminah, I. A. N., & Sya’bani, M. A. Y. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6(2), 293. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i2.2804
Aziz, A., & Zakir, S. (2022). Indonesian Research Journal on Education?: Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(3), 1030–1037.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, K. P. dan K. R. I. (2016). Implementasi.
Bujangga, H. (2022). Analisa Pembelajaran PAI pada Sekolah Umum (kajian pada pembelajaran PAI tingkat SMP/MTs). At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 14(1), 35–47.
Hariani. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Di Kelas XI SMA Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak. Jurnal Of Social Science Research, 4(1), 11086–11097.
Harmita, D., & Aly, H. N. (2023). Implementasi Pengembangan dan Tujuan Kurikulum . Jurnal Multilingual, 3(1), 114–119.
Inayah. (2023). Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Jamil, S. (2023). Metode Pembelajaran Inovatif Dalam Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus Di Sekolah Menengah. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(1), 102–106. https://doi.org/10.23969/wistara.v4i1.11241
Kholiyah, S. (2019). Konsep Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Salafiyah Pekalongan. 8(4), 1–37.
Muthrofin, K., & Fathurrahman. (2024). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dan Madrasah Khoirul Muthrofin Fathurrahman Hasil penelitian dari Programme for International Student Assessment ( PISA ) menunjukkan bahwa 70 % siswa berusia 15 tahun berada di bawah kompetensi minimum d. IHSANIKA?: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3.
Nasution, S. M., & Rosyada, D. (2022). Pembelajaran Pai Di Sekolah Dan Madrasah: Antara Cita Dan Realita. Journal of Islamic Education Studies, 1(1), 55–63. https://doi.org/10.58569/jies.v1i1.425
Nurjana, D., Abdurrahmansyah, & Fauzi, M. (2024). Pelaksanaan Kurikulum Merdeka dalam Membina Karakter siswa Pada Pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Jurnal PAI Raden Falah, 6(1), 525. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i3.1452.Avaliable
Pembelajaran PAI dalam Kurikulum Merdeka. (n.d.). Direktorat pendidikan agama islam.
Penerapan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran PAI di Sekolah Menengah: Langkah Strategis Menuju Pendidikan Berkualitas. (n.d.). umsida.
Setiawan, S. A. (2024). Tantangan guru pai mengimplementasikan kurikulum merdeka dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 49–64.
Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih Journal of Science Education, 1(1), 115–132.
Umam, M. R., & Hamami, T. (2023). Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Sekolah Dan Madrasah. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 15(1), 1–16. https://doi.org/10.47498/tadib.v15i1.1556
Utomo, K. B. (2018). Strategi dan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam MI. MODELING:Jurnal Program Studi PGMI, 5(2), 145–156.
Viranny & Wardhono, 2024. (2024). TANTANGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI KELAS X SMAN 20 GOWA. Cendekia Pendidikan, 4(4), 50–54.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Al Panes, Tira Mulia, Nur Hidayah Adelia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.