Manajemen Kurikulum Ma'had Chongraksat Wittaya School Thailand

Authors

  • Dodi Mulya STIT At-taqwa Ciparay Bandung, Indonesia, Indonesia
  • Nurhayati Nurhayati STIT Attaqwa Ciparay Bandung, Indonesia, Indonesia
  • Ivan Fanani Qomusuddin STIT Attaqwa Ciparay Bandung, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36418/syntaximperatif.v5i4.462

Abstract

Sekolah Chongraksat Wittaya Thailand, adalah salah satu sekolah Islam terkemuka di Pattani, Thailand Selatan. Sekolah ini mempunyai dua manajemen, termasuk kurikulum terapan yaitu kurikulum agama dan akademik. Meskipun kerajaan Thailand mengatur kedua kurikulum tersebut, sekolah dapat menyesuaikan dengan kebutuhannya akan kurikulum agama. Artikel ini mengkaji bagaimana perencanaan, implementasi, dan evaluasi kurikulum di Chongraksat Wittaya School Thailand. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskritif, dengan pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, model data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah Chongraksat Wittaya menerapkan kurikulum terpadu yaitu kurikulum agama (Sassanah) yang memuat Dirasah Islamiyah, dan kurikulum akademik (Saman) memuat materi pelajaran umum. Sekolah ini mempunyai kelas reguler dan kelas khusus. Perencanaan kurikulum dilakukan bersama dengan Pakar Desa pada setiap awal semester. Kurikulum dilaksanakan dengan 40% kurikulum agama (Sassanah) dan 60% kurikulum akademik (Saman), pembelajaran siswa berbentuk numerik dan deskriptif, Evaluasi dilakukan dengan pembekalan, rapat harian, rapat awal semester, dan rapat tahunan.

Downloads

Published

2024-08-26

How to Cite

Mulya, D., Nurhayati, N., & Fanani Qomusuddin, I. (2024). Manajemen Kurikulum Ma’had Chongraksat Wittaya School Thailand . JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(4), 673–680. https://doi.org/10.36418/syntaximperatif.v5i4.462

Citation Check