Peningkatan Keterampilan dan Keaktifan Belajar Siswa
(Pendekatan Kerangka Pembelajaran Experiences, Language, Pictures, Symbols, Application (ELPSA))
DOI:
https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i5.291Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kerangka pembelajaran ELPSA untuk meningkatkan keterampilan dan keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an. Serta sejauhmana peningkatan keterampilan dan keaktifan belajar siswa setelah diterapkan kerangka pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A Madrasah Tsanawiyah At-Taqwa Ciparay Bandung dan Madrasah Tsanawiyah Al Ihsan Ciparay. Sedangkan obyek penelitian ini adalah pembelajaran mata pelajaran BTQ menggunakan kerangka pembelajaran ELPSA. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes dengan tahap dua siklus. Analisis data diambil dari hasil observasi terhadap aktivitas siswa selama proses pembelajaran di dalam kelas pada setiap siklus Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Pelaksanaan Implementasi pembelajaran dengan kerangka pembelajaran ELPSA model siklus belajar ini yaitu pada setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. (2) Implementasi pembelajaran menggunakan kerangka pembelajaran ELPSA dapat meningkatkan keterampilan belajar siswa dalam mata pelajaran BTQ di MTs. At-Taqwa Ciparay Bandung dan MTs. Al Ihsan Ciparay. (3) Implementasi pembelajaran menggunakan kerangka pembelajaran ELPSA dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran BTQ di MTs. At-Taqwa Ciparay Bandung dan MTs. Al Ihsan Ciparay. Pembelajaran juga lebih efektif dengan ditunjukkan siswa cepat beradaptasi dari pembelajaran pasif menjadi pembelajaran yang aktif