Pengaruh Branding Reputasi Yang Ditampilkan Perusahaan Terhadap Kualitas Sumber Daya Manusia Yang Melamar Kerja Pada Generasi Z

Authors

  • Daffa Alya Radhwa Taryana Politeknik Negeri Bandung, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36418/syntaximperatif.v5i6.553

Keywords:

Branding Reputasi, Sumber Daya Manusia, Melamar Kerja, Generasi Z

Abstract

Dalam era globalisasi yang sedang berlangsung saat ini, persaingan global dan permintaan talenta antara bisnis yang ada berjalan semakin ketat. Tidak hanya perusahaan yang dapat melakukan pertimbangan terhadap sumber daya manusia yang menjadi calon kandidat karyawan di perusahaan. Branding reputasi yang kuat tentunya akan menarik talenta berkualitas untuk bergabung dalam perusahaan. Hal-hal yang mempengaruhi diantaranya persepsi positif, motivasi dan prestise yang dimiliki karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh branding reputasi yang ditampilkan perusahaan terhadap kualitas sumber daya manusia yang melamar kerja pada generasi Z. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei, yang bertujuan untuk mengumpulkan data secara sistematis dari sejumlah besar responden. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada generasi Z yang telah melamar pekerjaan di berbagai perusahaan, dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang memengaruhi keputusan mereka. Hasil uji t (uji parsial) yang menunjukkan bahwa branding reputasi yang ditampilkan perusahaan berpengaruh signifikan terhadap kualitas sumber daya manusia yang melamar kerja pada generasi Z, dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,924, mengartikan bahwa 92,4% variasi dalam kualitas sumber daya manusia yang melamar kerja dapat dijelaskan oleh faktor branding reputasi perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa branding dan reputasi perusahaan memiliki peran yang sangat besar dalam menarik pelamar berkualitas, terutama dari generasi Z, yang cenderung lebih memilih perusahaan dengan citra positif dan nilai-nilai yang sesuai dengan preferensi mereka.

Downloads

Published

2024-12-26

How to Cite

Taryana, D. A. R. (2024). Pengaruh Branding Reputasi Yang Ditampilkan Perusahaan Terhadap Kualitas Sumber Daya Manusia Yang Melamar Kerja Pada Generasi Z. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(6), 1182–1191. https://doi.org/10.36418/syntaximperatif.v5i6.553

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.