Evaluasi Pembinaan SDM melalui Pendidikan Anggota PD Persistri Kota Bandung

Authors

  • Hafifah Rahmi Puspitaningsih Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia
  • Ahmad Muharam Basyari Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia
  • Anie Rohaeni Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v5i5.895

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) perempuan dalam Persatuan Islam Istri (Persistri), khususnya melalui Program Pendidikan Anggota (PA) di Pimpinan Daerah (PD) Kota Bandung. Program ini bertujuan meningkatkan pemahaman ajaran Islam, keterampilan kepemimpinan, serta membentuk karakter muslimah berintegritas. Fokus penelitian adalah efektivitas Program PA dalam mencetak kader yang kompeten secara intelektual, spiritual, dan manajerial. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Subjek penelitian mencakup pengurus, instruktur, peserta, dan lulusan PA. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan teknik triangulasi, kemudian dianalisis secara tematik melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peserta PA berasal dari anggota yang telah mengikuti halaqah dasar dengan kebutuhan kompetensi pada aspek aqidah, ibadah, akhlak, manajerial, dan dakwah. Program didukung kurikulum berjenjang, instruktur hasil Training of Trainers (TOT), metode variatif, sarana memadai, serta pendanaan infak transparan. Pelaksanaan berlangsung sembilan bulan dalam tiga tingkatan dengan evaluasi berkala dan syahadah kelulusan. Kesimpulannya, Program PA merupakan strategi pembinaan SDM perempuan muslimah yang efektif dan layak diperkuat serta direplikasi untuk melahirkan kader unggul, berintegritas, dan berorientasi dakwah

Downloads

Published

2024-11-25

How to Cite

Rahmi Puspitaningsih, H., Muharam Basyari, A., & Rohaeni, A. (2024). Evaluasi Pembinaan SDM melalui Pendidikan Anggota PD Persistri Kota Bandung. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(5). https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v5i5.895

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>