Pengaruh Pembelajaran Durusul Qur’an 2 dan Motivasi Belajar terhadap Etika Islam Siswa Kelas XII

Authors

  • Asep Sarif Hidayat Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v5i4.873

Abstract

Perkembangan globalisasi telah menimbulkan tantangan besar terhadap etika Islam di kalangan pelajar. Salah satu faktor yang diyakini dapat memperkuat etika Islam siswa adalah pembelajaran Durusul Qur’an 2 dan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran Durusul Qur’an 2 dan motivasi belajar terhadap etika Islam siswa kelas XII di SMA Plus Ulumul Qur’an Al-Marwah, Pameungpeuk, Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei korelasional. Sampel penelitian sebanyak 40 siswa kelas XII yang ditentukan dengan rumus Slovin. Instrumen penelitian berupa angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan berganda dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Durusul Qur’an 2 berpengaruh signifikan terhadap etika Islam siswa dengan kontribusi sebesar 34,7%, motivasi belajar berpengaruh signifikan sebesar 42,5%, dan secara simultan keduanya berkontribusi sebesar 41%. Temuan ini menegaskan bahwa semakin berkualitas pembelajaran Durusul Qur’an 2 dan semakin tinggi motivasi belajar siswa, semakin baik pula etika Islam yang terbentuk.

Downloads

Published

2024-09-04

How to Cite

Sarif Hidayat, A. (2024). Pengaruh Pembelajaran Durusul Qur’an 2 dan Motivasi Belajar terhadap Etika Islam Siswa Kelas XII. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(4). https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v5i4.873

Citation Check