Manajemen Pendidikan Karakter di SMK Persis 02 Kota Bandung

Authors

  • Leni Pitriani Intitut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia, Indonesia
  • Ahmad Muharam Basyari Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia, Indonesia
  • Syarif Hidayat Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v5i5.865

Abstract

Pendidikan karakter memiliki peran penting dalam membentuk kepribadian siswa, khususnya di sekolah menengah kejuruan (SMK) yang tidak hanya menyiapkan keterampilan kerja, tetapi juga menanamkan nilai moral dan religius. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan manajemen pendidikan karakter di SMK Persis 02 Kota Bandung. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program keagamaan di SMK Persis 02 dilaksanakan melalui pembiasaan ibadah harian, pengajian rutin, serta kegiatan sosial. Nilai yang dikembangkan meliputi keimanan, kedisiplinan, tanggung jawab, dan kepedulian sosial. Faktor pendukung keberhasilan program mencakup komitmen guru, lingkungan sekolah yang kondusif, dan keterlibatan orang tua. Adapun faktor penghambat meliputi keterbatasan sarana prasarana dan pengaruh lingkungan luar sekolah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen pendidikan karakter di SMK Persis 02 memberikan kontribusi signifikan terhadap pembentukan karakter siswa, meski perlu ditingkatkan pada aspek inovasi metode dan evaluasi berkelanjutan

Downloads

Published

2024-11-27

How to Cite

Pitriani, L., Basyari, A. M., & Hidayat, S. (2024). Manajemen Pendidikan Karakter di SMK Persis 02 Kota Bandung. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(5). https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v5i5.865

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2