Analisis Nilai-Nilai Skularisme, Pluralisme, dan Liberalisme Dalam Buku Paket Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas IX SMP Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2022
DOI:
https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v5i5.864Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya memastikan bahwa buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI) Kelas IX SMP Kurikulum Merdeka terbebas dari pengaruh ideologi modern seperti sekularisme, pluralisme, dan liberalisme yang berpotensi bertentangan dengan akidah Islam. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis isi buku ajar tersebut untuk mengetahui ada atau tidaknya nilai-nilai ketiga paham tersebut serta implikasinya terhadap pemahaman keagamaan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi. Data diperoleh melalui studi dokumentasi dan kajian literatur, dengan landasan teori pada norma-norma Islam serta Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tahun 2005 yang menolak paham sekularisme, pluralisme, dan liberalisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar PAI Kurikulum Merdeka tidak mengandung unsur sekularisme, pluralisme, maupun liberalisme secara eksplisit. Materi yang disajikan justru memperkuat akidah, menanamkan nilai-nilai moral, serta membentuk karakter religius peserta didik. Namun, ditemukan beberapa bagian yang berpotensi menimbulkan bias tafsir jika tidak dijelaskan secara kontekstual oleh pendidik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa buku ajar tersebut secara umum sejalan dengan prinsip ajaran Islam dan aman digunakan dalam pembelajaran, meskipun tetap memerlukan penguatan perspektif keislaman agar mampu memberikan pemahaman yang utuh (kaffah) kepada siswa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Jusa Herdianto, Nashruddin Syarief, Moh Idrus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






