Peran Lingkungan Sekolah dan Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Kepribadian Siswa

Authors

  • Jihadduddin Firqi Al-Haqi Intitut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia, Indonesia
  • Ade Irma Solihah STAI Persis Jakarta, Indonesia, Indonesia
  • Ahmad Muharam Basyari Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v5i5.863

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran lingkungan sekolah dan pola asuh orang tua dalam membentuk kepribadian siswa di SMPIT An-Nahla Al-Islamy. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana lingkungan sekolah dan pola asuh orang tua saling berinteraksi dalam mempengaruhi perkembangan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kuantitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi, dengan instrumen penelitian berupa angket skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan sekolah berperan penting dalam membentuk kepribadian siswa melalui pembiasaan nilai disiplin, keteladanan guru, serta kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung pengembangan karakter. Sementara itu, pola asuh orang tua yang demokratis berkontribusi besar terhadap perkembangan moral, kemandirian, dan tanggung jawab anak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sinergi antara lingkungan sekolah yang kondusif dan pola asuh orang tua yang tepat sangat menentukan terbentuknya kepribadian siswa yang disiplin, mandiri, berakhlak mulia, dan berintegritas

Downloads

Published

2024-11-25

How to Cite

Al-Haqi, J. F., Solihah, A. I., & Basyari, A. M. (2024). Peran Lingkungan Sekolah dan Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Kepribadian Siswa. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(5). https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v5i5.863

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>