Tinjauan Kualitatif Dampak Pemilihan Hari Libur terhadap Efektifitas Pembelajaran di MAS Manba’ul Huda Bandung

Authors

  • Nia Kurnianingsih Institut Agama Islam PERSIS Bandung, Indonesia
  • Nashruddin Syarief Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia, Indonesia
  • Syarif Hidayat Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v5i6.802

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meninjau secara kualitatif dampak pemilihan hari libur terhadap efektivitas pembelajaran di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Manba’ul Huda Bandung. Latar belakang penelitian didasarkan pada perbedaan kebijakan hari libur antara tradisi lembaga Persatuan Islam (PERSIS), yang cenderung memilih Jumat, dengan kebijakan pendidikan nasional yang menetapkan Ahad sebagai hari libur. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, kuesioner berskala likert, serta studi dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala madrasah, guru, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilihan libur Ahad lebih sesuai dengan kebutuhan sosial masyarakat sekitar, terutama dalam hal keterpaduan dengan kegiatan keluarga dan organisasi, serta memberikan kontribusi pada peningkatan kehadiran dan kesiapan belajar siswa. Sementara itu, libur Jumat dinilai memiliki nilai keislaman yang tinggi dan mendukung identitas kelembagaan, tetapi menghadapi tantangan dalam koordinasi dengan pihak eksternal. Analisis integratif menunjukkan bahwa terdapat dilema antara mempertahankan identitas religius lembaga dan menyesuaikan diri dengan tuntutan sosial-eksternal. Kesimpulannya, libur Ahad di MAS Manba’ul Huda lebih mendukung efektivitas pembelajaran secara praktis, meskipun libur Jumat tetap penting sebagai simbol nilai keislaman

Downloads

Published

2025-01-10

How to Cite

Kurnianingsih, N., Syarief, N., & Hidayat, S. (2025). Tinjauan Kualitatif Dampak Pemilihan Hari Libur terhadap Efektifitas Pembelajaran di MAS Manba’ul Huda Bandung. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(6). https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v5i6.802

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>