Dari Kelas ke Prestasi: Peran Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Fikih

Authors

  • Asep Saepuloh Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia\, Indonesia
  • Ela Komala Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia, Indonesia
  • Anie Rohaeni Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v5i4.799

Abstract

Kompetensi pedagogik guru merupakan salah satu aspek penting yang menentukan kualitas proses pembelajaran. Kompetensi ini meliputi kemampuan merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran agar berjalan secara efektif serta mampu mengakomodasi kebutuhan peserta didik. Dalam konteks pembelajaran Fikih, penguasaan kompetensi pedagogik guru menjadi krusial karena berhubungan langsung dengan pemahaman siswa terhadap hukum Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di MTs Persis 22 Cikalongkulon. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif, di mana kompetensi pedagogik guru ditetapkan sebagai variabel bebas (X) dan prestasi belajar siswa sebagai variabel terikat (Y). Analisis statistik digunakan untuk menjelaskan hubungan antarvariabel secara objektif dan terukur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Guru yang kompeten mampu memahami karakteristik siswa, menyusun rencana pembelajaran yang sistematis, melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan efektif, serta melakukan evaluasi secara objektif sehingga berdampak positif terhadap capaian akademik siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peningkatan kompetensi pedagogik guru merupakan faktor strategis dalam mengoptimalkan prestasi belajar siswa, yang perlu didukung melalui pengembangan profesional guru, fasilitas sekolah, serta motivasi belajar siswa

References

Benjamin S. Bloom, Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals, Handbook I: Cognitive Domain (New York: Longmans, Green and Co., 1956).

Carl R. Rogers, Freedom to Learn (Columbus, OH: Charles E. Merrill Publishing Company, 1969).

John Dewey, Experience and Education (New York: Macmillan, 1938), hlm. 25.

Kunandar. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2014).

Lestari. Analisis Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MTs Muhammadiyah Surakarta. Tesis, (Universitas Muhammadiyah Surakarta 2022).

Mulyadi & Sari. Pengaruh Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di MTsN 1 Lampung, Tadris: (Jurnal Pendidikan Islam 2021).

Mulyasa, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009).

Rahmawati. Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di MTs Al-Falah Jakarta. Tesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (2020).

Saiful Bahri Djamarah, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, (Jakarta: Rineka Cipta, 2008).

Santoso, Singgih, Mengolah Data Statistik Secara Profesional, (Jakarta: Elex Media Komputindo, 2010).

Downloads

Published

2024-09-04

How to Cite

Saepuloh, A., Komala, E., & Rohaeni, A. (2024). Dari Kelas ke Prestasi: Peran Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Fikih. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(4). https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v5i4.799

Citation Check