Pola Interaksi Sosial Siswa Inklusi di Sekolah Dasar Negeri 2 Bengkala, Buleleng, Bali

Authors

  • Luh Berlian Maharani Wirawan Jurusan Sejarah, Sosiologi, dan Perpustakaan, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia, Indonesia
  • I Ketut Margi Jurusan Sejarah, Sosiologi, dan Perpustakaan, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia, Indonesia
  • I Wayan Mudana Jurusan Sejarah, Sosiologi, dan Perpustakaan, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i2.690

Keywords:

Interaksi Sosial, Siswa Normal, Siswa Berkebutuhan Khusus

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pola interaksi antara siswa reguler dan siswa berkebutuhan khusus (tuli bisu) di SD Negeri 2 Bengkala, Buleleng, Bali. Dengan mengadopsi pendekatan studi kasus kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen, yang kemudian diolah secara sistematis melalui tahapan pengumpulan, kondensasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkap bahwa interaksi antar kelompok tidak hanya mencerminkan keberagaman dan toleransi, tetapi juga memperlihatkan peran vital dukungan timbal balik melalui metode komunikasi adaptif, seperti penggunaan bahasa isyarat lokal yang bermakna bagi seluruh siswa.

References

Christyastari, W. P., & Rusmawan. (2023). INTERAKSI SOSIAL SISWA AUTIS DI SEKOLAH INKLUSI. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(2), 127–138.

Eveleigh, M. (2019, February 27). Desa di Bali yang berkomunikasi dengan Bahasa Isyarat. BBC News Indonesia.

Fahri, Moh., & Qusyairi, A. H. (2019). Interaksi Sosial Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 149–166.

Fahyuni, E. F. (2016). Psikologi Belajar & Mengajar (1st ed.). Nizamia Learning Center.

Martono, N. (2015). Metode Penelitian Sosial (1st ed., Vol. 1). Raja Grafindo Persada.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualotative Data Analysis (3rd ed.). SAGE Publications.

Muslim, A. (2013). Interaksi Sosial Dalam Masyarakat Multietnis. Jurnal Diskursus Islam, 1(3), 484–494.

Nuriza, K. I. (2023). Interaksi Sosial Antara Siswa Reguler Dengan Berkebutuhan Khusus Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar (Studi Kasus di MIT Ar-Roihan Lawang-Malang). Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 03(2), 343–349.

Pratama. (2024, September 13). Mengenal Desa Tuna Rungu Di Buleleng Bali, Namanya Desa Bengkala Dengan Bahasa Isyarat Yang Khas.

Puspita Dewi, V., & Kurniawan, A. (2024). Pola Interaksi antara Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dengan Anak Non ABK di Lingkungan Sekolah (Studi di SDN 1 Tanjung, Purwokerto Selatan). Jurnal Ilmu Kependidikan, 12(1), 1–13.

Soekanto, S. (2012). Sosiologi Suatu Pengantar. Rajawali Pers.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Tarmansyah. (2007). Inklusi Pendidikan Untuk Semua. Depdiknas.

Downloads

Published

2025-05-29

How to Cite

Wirawan, L. B. M., Margi, I. K., & Mudana, I. W. (2025). Pola Interaksi Sosial Siswa Inklusi di Sekolah Dasar Negeri 2 Bengkala, Buleleng, Bali. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 6(2), 219–225. https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i2.690

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.