Pola Interaksi Sosial Siswa Inklusi di Sekolah Dasar Negeri 2 Bengkala, Buleleng, Bali
DOI:
https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i2.690Keywords:
Interaksi Sosial, Siswa Normal, Siswa Berkebutuhan KhususAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pola interaksi antara siswa reguler dan siswa berkebutuhan khusus (tuli bisu) di SD Negeri 2 Bengkala, Buleleng, Bali. Dengan mengadopsi pendekatan studi kasus kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen, yang kemudian diolah secara sistematis melalui tahapan pengumpulan, kondensasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkap bahwa interaksi antar kelompok tidak hanya mencerminkan keberagaman dan toleransi, tetapi juga memperlihatkan peran vital dukungan timbal balik melalui metode komunikasi adaptif, seperti penggunaan bahasa isyarat lokal yang bermakna bagi seluruh siswa.
References
Christyastari, W. P., & Rusmawan. (2023). INTERAKSI SOSIAL SISWA AUTIS DI SEKOLAH INKLUSI. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(2), 127–138.
Eveleigh, M. (2019, February 27). Desa di Bali yang berkomunikasi dengan Bahasa Isyarat. BBC News Indonesia.
Fahri, Moh., & Qusyairi, A. H. (2019). Interaksi Sosial Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 149–166.
Fahyuni, E. F. (2016). Psikologi Belajar & Mengajar (1st ed.). Nizamia Learning Center.
Martono, N. (2015). Metode Penelitian Sosial (1st ed., Vol. 1). Raja Grafindo Persada.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualotative Data Analysis (3rd ed.). SAGE Publications.
Muslim, A. (2013). Interaksi Sosial Dalam Masyarakat Multietnis. Jurnal Diskursus Islam, 1(3), 484–494.
Nuriza, K. I. (2023). Interaksi Sosial Antara Siswa Reguler Dengan Berkebutuhan Khusus Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar (Studi Kasus di MIT Ar-Roihan Lawang-Malang). Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 03(2), 343–349.
Pratama. (2024, September 13). Mengenal Desa Tuna Rungu Di Buleleng Bali, Namanya Desa Bengkala Dengan Bahasa Isyarat Yang Khas.
Puspita Dewi, V., & Kurniawan, A. (2024). Pola Interaksi antara Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dengan Anak Non ABK di Lingkungan Sekolah (Studi di SDN 1 Tanjung, Purwokerto Selatan). Jurnal Ilmu Kependidikan, 12(1), 1–13.
Soekanto, S. (2012). Sosiologi Suatu Pengantar. Rajawali Pers.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Tarmansyah. (2007). Inklusi Pendidikan Untuk Semua. Depdiknas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Luh Berlian Maharani Wirawan, I Ketut Margi, I Wayan Mudana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.