Komunikasi Pembelajaran Efektif dalam Meningkatkan Karakter Siswa Raudatul Athfal
DOI:
https://doi.org/10.36418/syntaximperatif.v5i4.485Abstract
Peserta didik dapat membentuk karakter yang baik melalui komunikasi efektif yang diberikan oleh para pendidik. Karakter seseorang akan diwujudkan dalam bentuk perilaku sesuai dengan pendidikan atau pengalaman yang diterimanya. Dengan demikian, sangat penting diupayakan agar pendidikan dirancang secara sistemik, baik mengenai program, materi, media maupun kompetensi dari pendidik. Agar pendidikan karakter dapat berjalan efektif dan dapat diterima dengan sempurna maka harus dirancang strategi komunikasi yang tepat dalam pelaksanaan pendidikan karakter, Pembentukan karakter yang baik tidak hanya diberikan melalui komunikasi secara langsung, namun juga dapat melalui contoh berupa kebiasaan-kebiasaan baik yang diterapkan para pendidik di depan para peserta didik. Oleh sebab itu, hal ini menjadi menarik sehingga peneliti ingin melihat bagaimana guru melakukan komunikasi pembelajaran efektif dalam meningkatkan karakter siswa. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan komunikasi pembelajaran yang efektif serta meningkatkan karakter peserta didik hingga terjadi perubahan sikap, pandangan, maupun perilaku yang dilakukan dengan kesadaran sendiri. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dengan cara pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mencakuap Pelaksanaan, dampak serta faktor pendukung komunikasi pembelajaran efektif dalam meningkatkan karakter siswa hingga terjadi memiliki kebiasaan positif yang akan terpatri untuk masa yang akan datang, dengan kerelaan, kesadaran diri dan senang hati.
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Eneng Sunani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.