Keterampilan Mengajar Guru Bahasa Arab dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar Santi Witya Serong School Thailand
DOI:
https://doi.org/10.36418/syntaximperatif.v5i4.452Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam keterampilan mengajar yang diterapkan oleh pendidik bahasa Arab untuk meningkatkan minat peserta didik dalam pembelajaran di Sekolah Dasar Santi Witya Serong School, Thailand. Tujuan penting penelitian ini adalah untuk menentukan metode dan pendekatan yang paling efisien dalam pengajaran bahasa Arab kepada siswa sekolah dasar..Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yang memungkinkan peneliti untuk memperoleh pemahaman yang komprehensif mengenai fenomena yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan dengan dua teknik yaitu: observasi langsung di kelas dan wawancara mendalam dengan guru bahasa Arab. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa keterampilan mengajar guru bahasa Arab yang efektif terdiri dari beberapa komponen kunci. Pertama, penggunaan metode pembelajaran interaktif, seperti permainan bahasa, role-play, dan diskusi kelompok, terbukti sangat efektif dalam meningkatkan partisipasi dan minat siswa. Kedua, pemanfaatan media pembelajaran yang menarik dan relevan, seperti video, gambar, dan alat peraga, membantu siswa dalam memahami konsep bahasa Arab dengan lebih mudah. Ketiga, penciptaan suasana belajar yang menyenangkan dan tidak tertekan memainkan peran penting dalam memotivasi siswa untuk belajar bahasa Arab.Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan strategi pengajaran bahasa Arab di tingkat sekolah dasar, Khususnya di lingkungan di mana bahasa Arab bukan bahasa utama, penelitian ini memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan strategi pengajaran bahasa Arab di sekolah dasar. Untuk merancang program pembelajaran bagi siswa sekolah dasar yang lebih menarik dan efektif, temuan ini dapat menjadi referensi bagi guru bahasa Arab dan pengambil kebijakan pendidikan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Nurul Khalisah, Abd Rahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.