Analisis Kesalahan Ejaan Berbahasa pada Modul Praktikum Proses Manufaktur Teknik Industri UPN VETERAN JATIM
DOI:
https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i5.297Abstract
Penelitian ini menganalisis kesalahan ejaan berbahasa pada Modul Praktikum Proses Manufaktur Teknik Industri di UPN Veteran Jawa Timur. Bahasa yang tepat dalam media pembelajaran sangat penting untuk memfasilitasi pemahaman yang baik. Fokus penelitian ini adalah mengidentifikasi kesalahan ejaan berbahasa dalam modul praktikum sebagai salah satu sumber belajar bagi mahasiswa. Pendekatan kualitatif digunakan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi/simak dan dokumentasi pada modul tersebut. Hasil penelitian menunjukkan adanya 289 kesalahan ejaan, terdiri dari 99 kesalahan penulisan huruf, 9 kesalahan penulisan kata, dan 181 kesalahan penggunaan tanda baca. Kesalahan ini mempengaruhi pemahaman dan pembelajaran mahasiswa. Temuan ini menunjukkan perlunya perhatian khusus pada penyusunan materi pembelajaran guna memastikan kesalahan ejaan minimal sehingga memperkuat efektivitas pengajaran. Rekomendasi perbaikan mencakup penggunaan yang tepat terkait tanda baca seperti titik, huruf miring, dan huruf kapital sesuai kaidah EYD, untuk memudahkan pemahaman materi.