Pendidikan Anak Usia Dini dan Tumbuh Kembang Anak serta Tantangan Era Super Smart Society 5.0

Authors

  • Atiasih Atiasih Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, STIT At-Taqwa Ciparay Bandung, Indonesia, Indonesia
  • Asti Nur Hadianti Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, STIT At-Taqwa Ciparay Bandung, Indonesia, Indonesia
  • Lukman Hamid Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, STIT Qurrota A’yun Garut, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i5.293

Abstract

Studi pustaka ini digunakan untuk mendapatkan informasi yang cukup mengenai pendidikan, pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini, serta tantangan era super smart society 5.0. Untuk mencapai tujuan ini, penulis menjawab dan menguatkan bagaimana PAUD dan hubungannya dengan tumbuh kembang anak dapat menangani tantangan era super smart society 5.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa istilah "usia emas" mengacu pada usia keemasan anak-anak, yaitu antara 0 dan 6 tahun, ketika mereka mudah menyerap dan menyimpan informasi. Anak-anak menjadi peka terhadap beragam rangsangan dan usaha pendidikan yang tidak sengaja maupun yang disengaja. Pematangan peran fisik serta mental berpegaruh terhadap kesiapan mental dan respon dalam menyelesaikan beragam tugas perkembangan yang harapannya akan terwujudkan dalam kehidupan keseharian. Sangat penting untuk memberikan pendidikan yang tepat pada anak-anak pada usianya agar mereka dapat mencapai pertumbuhan fisik dan mental yang optimal. Semua pencapaian ini akan menjadi dasar untuk era masyarakat super pintar 5.0.

Downloads

Published

2023-11-23

How to Cite

Atiasih, A., Hadianti, A. N., & Hamid, L. (2023). Pendidikan Anak Usia Dini dan Tumbuh Kembang Anak serta Tantangan Era Super Smart Society 5.0. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(5), 622–629. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i5.293

Citation Check