Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik Tema Bermain di Lingkunganku Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas III SD Negeri 158/I Desa Rasau Batang Hari
DOI:
https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i4.260Abstract
Penelitian ini mengungkap bahwa Metode Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw efektif diterapkan dalam pembelajaran Tematik bermain di lingkunganku di SD Negeri 158/I Desa Rasau. Melalui metode ini, siswa mampu meningkatkan kemampuan mereka dalam menyelesaikan soal dan hasil belajar secara signifikan. Hasil tes akhir menunjukkan peningkatan yang jelas, dengan persentase kemampuan siswa mencapai 62,96% pada siklus I, 81,48% pada siklus II, dan mencapai 100% pada siklus III. Dengan demikian, metode Jigsaw tidak hanya memfasilitasi kerja sama antar siswa, tetapi juga membantu mereka memahami materi dengan lebih baik, menghasilkan peningkatan yang positif dalam pembelajaran.