Karakteristik Peserta Didik Yang Ideal Prespektif KH Hasyim Asy’ari

Authors

  • Taufiqurrahman Taufiqurrahman Manajemen Pendidikan Islam, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia, Indonesia
  • Annisa Nabilah Pendidikan Agama Islam, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i1.217

Keywords:

Karakteristik, Peserta Didik Ideal, Hasyim Asy’ari, Kitab Adabul Alim Wal Muta’allim

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik peserta didik yang ideal presfektif KH Hasyim Asy’ari. Pesrta didik perlu memiliki karakter yang bisa menunjang keseuksesan dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif jenis kepustakaan (library research) yaitu jenis penelitian yang mengacu pada khazana kepustakaan seperti literatur buku, artikel maupun e-journal. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi kepribadian menurut KH Hasyim Asy’ari yaitu: membersihkan diri, meluruskan niat, memanfaatkan masa muda, sabar, manajemen waktu, meminimalisir menkonsumsi makanan, berhati-hati, menjauhi penyebab sulit menangkap pelajaran, dan mencari lingkungan yang baik. Disamping itu juga guru sebagai pendidik perlu mengetahui karakteristik pesrta didik untuk menghasilkan pembeljaran yang fektif dan efesien.

Published

2023-03-28

How to Cite

Taufiqurrahman, T., & Nabilah, A. (2023). Karakteristik Peserta Didik Yang Ideal Prespektif KH Hasyim Asy’ari. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(1), 20–28. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i1.217

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.